Rabu, Juni 10, 2015

BERSEPEDA PINTU MENUJU SEHAT

4.5
Bersepeda sudah menjadi hal yang sangat biasa bagi mereka yang memiliki waktu luang. Terlebih yang hobi dalam bidang ini. Saat ini bersepeda bukan lagi menjadi kebutuhan transportasi, melainkan telah menjadi gaya hidup yang elegant masa kini. Tapi tidaklah jadi masalah, apa pun motifnya yang jelas bersepeda adalah pintu menuju sehat. Karna olah raga yang satu ini memang memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan.  
Berikut manfaat sehat dengan hanya naik sepeda: 

Mudah dilakukan
Bersepeda adalah olahraga yang mudah dilakukan disetiap jalanan, temasuk di taman-taman. Selain itu olahraga ini juga ramah lingkungan dan hemat karena tidak memerlukan bahan bakar yang harus dibeli. Terlebih bersepeda bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.


BERSEPEDA PINTU MENUJU SEHAT
membangun kekuatan
Bersepeda mampu membangun kekuatan otot khususnya kaki, tangan, betis dan pundak. Menurut pakar kesehatan otot-otot ini bisa terbentuk dengan baik hanya dari bersepeda  secara teratur 2 (dua) kali seminggu.

Membakar kalori
Olah raga ini bisa dijadikan sebagai alternatif diet yang sangat efektif dan sehat. Karna terbukti dengan bersepeda mampu membakar kalori yang sangat banyak jika dilakukan secara kontinue. Sebagian besar otot tubuh akan bergerak dan berpacu. Walaupun terlihat santai namun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan jantung.

Meningkatkan kesehatan jantung

Dikutip dari “British Medical Association”  bersepeda dalam jarak 20 mil setiap minggu mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 50%.  Bukankah itu hal yang sangat luar biasa?. Terlebih mengingat bahwa setiap orang memiliki resiko terkena penyakit jantung dengan pola makan yang sembarangan.

meningkatkan refleks
Gerakan refleks adalah gerakan yang terbentuk tanpa disengaja, dan merupakan respon sepontanitas untuk menanggapi hal-hal yang terjadi disekitar kita. Dengan bertambahnya usia dan jarangnya berolah raga, kemampuan ini lambat laun akan berkurang. Dengan bersepeda maka akan meningkatkan kembali kemampuan refleks ini terutama pada kaki, tangan, dan mata, serta refleks dari keseimbangan tubuh akan sangat bertambah. Selain itu, hal ini juga otomatis akan meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi.

Mengurangi stres
Hampir semua kegiatan olah raga adalah hal yang menyehatkan. Temasuk kesehatan jiwa juga harus selalu dijaga. Dengan bersepeda akan membuat pikiran dan hati menyatu dan memberi efek yang fresh, hasilnya adalah peremajaan jiwa. Denga jiwa yang segar tentu akan berujung pada hidup yang lebih segar pula.

Baca Juga:

Bersepeda sangat baik dilakuka disela-sela kesibukan. Seperti hari libur dan ahir pekan. Keluarga, teman dekat adalah partner yang baik untuk melakukan olah raga ini. Pilihlah tempat-tempat yang berudara segar untuk melakukannya, karna selain memberi persediaan oksigen yang cukup tempat yang segar juga akan membawa suasana yang segar dan menyenangkan. Sehingga tidak terlalu terasa lelah. Nah dari alasan-alasan tersebut maka sangat cocok apa bila kita katakan bahwa BERSEPEDA ADALAH PINTU MENUJU SEHAT.
Lokasi: Indonesia
0 komentar: